Total Tayangan Laman

Kamis, 08 Maret 2012

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA)

Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Disusun oleh : 
drg. Bimo Rintoko, SKG., Sp.Pros.

PENDIRIAN Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) berawal dari berdirinya Dental Collage pada tahun 1958 oleh Prof. Dr. Moestopo. Seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia, maka Perguruan Tinggi Swasta Dental Collage ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Moestopo. Secara resmi Universitas Prof. Dr. Moestopo berdiri pada tanggal 15 Februari 1961 yang memiliki lima fakultas antara lain: Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Administrasi Negara dan Tata Niaga, Fakultas Tehnik, dan Fakultas Pertanian.
Gedung FKG Moestopo
Mengenal Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) rasanya tidak lengkap jika tidak berbicara mengenai sejarah sang pendiri. Mayor Jenderal (Purn) Prof. Dr. Moestopo adalah seorang yang besar jasanya bagi bangsa Indonesia. Dikenal sebagai sosok Bapak Kedokteran Gigi, pahlawan nasional dan pelopor di berbagai bidang. Motto Prof. Dr. Moestopo, pada masa revolusi fisik adalah: “berjuang sampai titik darah penghabisan dan pada masa damai bekerja keras sampai titik keringat dan otak terakhir”. Insting sosial yang tinggi dalam diri Prof. Dr. Moestopo sudah terlihat di kala masih duduk di bangku perkuliahan. Pada tingkat akhir di  School Tot Opleiding van Indische Tandartsen / STOVIT  (sekarang FKG UNAIR) dirinya selalu menyempatkan untuk membantu pengobatan masyarakat di daerah sekitar. Hal itu dilakukannya pada malam hari sepulang dari bekerja sebagai Dental Technician. Sementara pada hari Minggu dan hari-hari libur, selalu pergi ke alun-alun Gresik dan membuka praktik cuma-cuma di sana. Setelah lulus dari pendidikan kedokteran gigi, Prof. Dr. Moestopo bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air). Di dunia militer inilah banyak jasanya dalam membela bangsa dan negara. Di masa perjuangan merebut kemerdekaan Prof. Dr. Moestopo mempunyai andil yang sangat besar. Di antaranya adalah penemuan senjata bambu runcing yang ujungnya dibubuhi kotoran kuda yang dipakai oleh para pejuang melawan tentara Belanda dan Jepang. Penemuan senjata ini berdasarkan disertasinya yang berjudul “Penggunaan Bambu runcing yang Pucuknya Diberi Kotoran Kuda untuk People Defence Attack dan Biological Warfare (Perang Biologis)”. Selain itu, ia menjadi pemimpin pertempuran di Surabaya di kala Indonesia baru merdeka. Bersama dengan Jenderal Sudirman, Jenderal Urip Sumoharjo, Komodor Suryadarma dan Laksamana Natsir dari Angkatan Laut serta Bung Tomo merupakan perintis organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Prestasi Prof. Dr. Moestopo di bidang kedokteran gigi juga tidak terhitung banyaknya. Ia memperoleh gelar brevet (keahlian) di bidang Bedah Rahang, Orthodonsia, dan Konservasi Gigi. Serta memperoleh anugerah sebagai Profesor di dalam bidang Bedah Mulut, Pancasila, dan Biologi. Ia juga dikukuhkan sebagai Guru Besar di bidang Bedah Mulut, Konservasi Gigi, Orthodonsia, Biologi serta Pancasila. Andilnya yang lain dalam bidang pendidikan kedokteran gigi di Indonesia adalah ikut mendirikan berbagai fakultas kedokteran gigi di Indonesia seperti di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Trisakti, dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Atas jasa-jasanya itu selayaknya bila PDGI menganugerahkan gelar Bapak Kedokteran Gigi Indonesia kepada Prof. Dr. Moestopo. Hingga kini, nama besar Prof. Dr. Moestopo tetap harum dan dikenal luas meskipun kini telah tiada. Bangunan lima lantai yang bergaya kolonial dipadu dengan atap khas Indonesia ini di bagian muka pintu masuknya terpampang patung pendiri universitas ini, yaitu Prof. Dr. Moestopo. 
Patung Prof. Dr. Moestopo
Di lantai 1 terdapat depo obat, ruang bagian penambalan dan klinik khusus RSGMP yang di fasilitasi oleh roentgen digital dan ruang tunggu yang nyaman. Sementara ruang kuliah, ruangan klinik, dan laboratorium menempati lantai 2-5. Sesuai nama universitas yang menggunakan kata “Beragama”, di kampus ini terdapat ruangan khusus untuk masing-masing agama. Terdapat vihara, mushola, ruang kebaktian untuk agama Katholik dan Protestan dan ruangan untuk agama Hindu. Prof. Dr. Moestopo adalah seorang yang sangat menghormati dan toleransi terhadap umat beragama. Sebagai implementasinya dibuatlah ruangan khusus untuk agama masing-masing.

Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Saat ini, FKG Moestopo tengah sibuk mempersiapkan diri guna penilaian akreditasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2012. Mulai dari peningkatan SDM, sarana prasarana, sampai sistem pembelajaran. Untuk sistem akreditasi pada tahun 2012 ini menggunakan acuan yang baru. Oleh karena itu, banyak yang harus dibenahi. Contohnya adanya undang-undang kesehatan yang mengharuskan prasyarat sebuah rumah sakit harus mempunyai ruang rawat inap dan kamar mayat. Selain itu, fakultas ini berencana menambah bangunan yang akan dikhususkan untuk ruang kuliah. Pembangunan gedung baru tentunya merupakan salah satu upaya FKG Moestopo untuk meningkatkan kualitas di tengah persaingan antar-FKG. Fakultas menyediakan suatu wadah bagi mahasiswa yang ingin berorganisasi dan berprestasi di berbagai bidang. Senat Mahasiswa dan Badan Perwakilan Mahasiswa menggerakkan roda kegiatan kemahasiswaan di kampus ini. Aspirasi dan ide para mahasiswa dapat tersalurkan melalui kegiatan kemahasiswaan. Animo mahasiswa dalam berorganisasi pun cukup tinggi, untuk bergabung dalam organisasi, para mahasiswa yang mendaftar diharuskan menjalani tes uji kelayakan.
Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Pendidikan (RSGMP)
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Kegiatan di bidang kemahasiswaan baik di bidang akademik dan non akademik sangat didukung oleh fakultas. Jadi sekarang ini yang difokuskan adalah kegiatan yang dapat meningkatkan akreditasi. Dikarenakan persyaratan akreditasi semakin meningkat dan kompleks. Oleh karena itu, kami membuat ketentuan-ketentuan untuk kegiatan mahasiswa yang menyesuaikan dengan peningkatan kualitas. Setiap tahunnya senat mahasiswa FKG Moestopo melaksanakan tiga program andalannya, yaitu turnamen olahraga, Moestopo Dental Scientific, dan Moestopo Jelajah Nusantara. Ketiga program ini turut berjalan bersinergi dengan program fakultas di bidang akademik, non akademik dan pengabdian kepada masyarakat. Program Moestopo Jelajah Nusantara adalah bakti sosial yang dilaksanakan di luar Pulau Jawa. Kalimantan Selatan dan Lombok adalah daerah-daerah yang pernah dikunjungi dalam rangka Moestopo Jelajah Nusantara.
Kedekatan hubungan antarfakultas dan mahasiswa tidak hanya terlihat dari dukungan fakultas kepada mahasiswa, namun ketika fakultas mengadakan acara, mahasiswa sering dilibatkan sebagai pendukung kegiatan. Selain kedekatan hubungan antarfakultas dan mahasiswa, kedekatan antarmahasiswa dan alumni juga terjalin dengan baik. FKG Moestopo juga tergolong aktif di Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia dengan menjadi pengurus dan selalu aktif mengirimkan delegasinya. Dengan semangat perjuangan, pemikiran strategis, mendahulukan kepentingan masyarakat serta tetap berpedoman pada nilai luhur Pancasila dan toleransi antar umat beragama, FKG Moestopo siap meneruskan citacita sang Jenderal Prof. Moestopo menjadi universitas yang berprestasi dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.


GALLERY
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)



























Dokter Gigi Lulusan Tahun Akademik 2007/2008
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)


Dokter Gigi Lulusan Tahun Akademik 2007/2008
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)



Dokter Gigi Lulusan Tahun Akademik 2007/2008
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)


Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Program Akademik
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)



Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Program Profesi
Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)


Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar